Adidas dan batik : "tradisionalitas bertemu dengan modernitas"



Tanggal 2 Oktober 2009, rakyat pesta batik di Indonesia

Melihat artikel wikipedia tentang batik saya menemukan bahwa batik memiliki dua pengertian yaitu pertama adalah batik merupakan teknik pewarnaan kain dengan menggunakan zat padat yang diproduksi secara alami. Pengertian kedua adalah batik merupakan kain atau busana yang dibuat dengan teknik tersebut, termasuk penggunaan motif-motif tertentu yang memiliki kekhasan. Batik merupakan warisan budaya Indonesia yang sejak tanggal 2 oktober 2009 telah diakui dunia "keberadaanya" oleh UNESCO. Tanggal 2 oktober 2009 yang sudah lewat, rakyat Indonesia merayakan hari batik dengan pesta batik di mana saja berada. Lihat gambar diatas : "dimana orang-orang ramai-ramai menggunakan batik".
Oke jadi saya tidak ingin membicarakan tentang pengertia batik secara kompleks, sejarah batik ataupun hari batik tersebut di posting kali ini. Saya disini akan menunjukkan bahwa batik yang identik dengan tradisionalitas dengan nilai dari kebudayaan timur (KeIndonesiaan, red) bisa bertemu dengan sisi kemodernan ala barat menjadi sesuatu yang keren dan menarik. Adidas suatu produsen produk olahraga terkemuka di Dunia melakukan hal itu dalam proyek "Adidas-Material Of The World-Indonesia". Mengapa Indonesia yang dipilih? karena mereka (Adidas) terinspirasi dengan kain yang indah dengan detail yang rumit ditemukan di pulau Jawa yaitu kain batik.



Modernitas bertemu dengan Tradisionalitas

Ketika batik dalam hal ini kita kaitkan sebagai bentuk tradisional dapat disatukan dengan bentuk-bentuk modern yaitu produk seperti jaket, sepatu dan topi akan menjadi busana yang padu, indah dan juga bermanfaat serta akan pula menambah keunggulan batik yaitu dapat disesuaikan dengan perkembangan zaman (kontekstual) dan tidak tertinggal dengan produk-produk mode modern lainnya. Jadi batik saat ini bukan hanya sekedar kain biasa namun sudah dapat dikembangkan menjadi sebuah produk yang bernilai tinggi dan sudah tentu bermanfaat.

Inilah produk "Batik-Adidas" tersebut :

adidas Cap - Materials of the World - Indonesia


Adidas Track Jacket - Materials of the World - Indonesia

adidas Women’s Metro Attitude Hi - Materials of the World - Indonesia
adidas Men’s Metro Attitude Hi - Materials of the World - Indonesia

Ketika kita melihat gambar diatas, kita yakin bahwa batik “salah satu budaya Indonesia” dapat di transformasikan ke dalam sesuatu produk yang keren dan bermanfaat.. Sebagai anak bangsa, kita jangan pernah malu untuk menggunakan batik. Agar harga diri bangsa ini tak diinjak-injak lagi oleh negara lain yang terus menerus meng-klaim kebudayaan kita satu-satu, maka benteng utama menjaga tradisi dan budaya ada di tangan kita, generasi muda harapan bangsa. Siapa lagi yang mau mewariskan kebudayaan untuk masa depan anak cucu kita kalo bukan kita sendiri. So, lets keep our culture guys !

Husni Mubarak

Jakarta 17 Oktober 2009 jam 22.00 WIB

Sumber :


No comments:

Post a Comment